Chinese Algae Eater – Ikan Pembersih Lumut di Aquarium

Chinese Algae Eater

Chinese Algae Eater

Bagi para penggemar ikan hias yang memiliki aquarium, tentu pernah mengalami invasi lumut di aquarium. Ini merupakan suatu hal yang cukup merepotkan apabila terjadi. Untuk membersihkannya, tentu kita bisa menggosok lumut tersebut dan juga menguras sebagian air aquarium. Namun, ada cara yang lebih alami untuk membersihkan lumut, yakni dengan menggunakan ikan yang bernama Chinese Algae Eater (CAE). Walau namanya chinese, tetapi asal ikan ini berasal dari perairan arus deras Thailand dan India.

Chinese Algae Eater, atau yang juga disebut sebagai sucking loach termasuk ke dalam genus yang bernama Gyrinocheilidae. Ada 3 spesies yang termasuk ke dalam genus ini, yakni Gyrinocheilidae aymonieri, Gyrinocheilidae pennocki, dan Gyrinocheilidae pustulosus. Namun, yang akan dibahas dalam post ini adalah Gyrinocheilidae aymonieri.

Deskripsi Spesies

Gyrinocheilidae aymonieri merupakan ikan jenis sucker loach yang memiliki beberapa varian warna. Ada yang berwarna gelap, kuning, ataupun bermotif marmer. Selain itu, terdapat juga varian albino dan leusistiknya. Karakteristik khas dari ikan ini adalah bahwa ia merupakan pemakan algae (lumut) yang rajin sehingga banyak digemari orang yang menginginkan aquariumnya bebas dari lumut. Ikan ini memiliki 9 dorsal ray bercabang, 36-40 sisik lateral yang lurus, tidak memiliki bintik hitam di pelvic dan anal fin, dan selalu memiliki bintik hitam kecil di belakang spirakel. Ukuran maksimal ikan ini ketika dewasa dapat mencapai sekitar 28 cm. Walau biasa hanya mencapai 15 cm untuk pemeliharaan aquarium.

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiahnya:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Cypriniformes
Famili Gyrinocheilidae
Genus Gyrinocheilus
Spesies Gyrinocheilus aymonieri

Kebutuhan Dasar

Ikan Gyrinocheilidae aymonieri merupakan jenis ikan yang suka bersembunyi, sehingga perlu disediakan tempat-tempat persembunyian seperti ornamen, driftwood, ataupun tanaman air yang cukup rindang. Selain itu, ukuran dewasanya juga cukup besar sehingga kita perlu mempertimbangkan ukuran aquarium yang cukup luas dan jumlah ikan yang tidak terlalu banyak.

Parameter air yang cocok untuk ikan Gyrinocheilidae aymonieri adalah kadar pH antara 6-8, dan gH antara 5-19. Sementara suhu yang tepat adalah antara 25-28°C. Ikan ini tidak cocok di suhu yang dingin karena akan menjadikan mereka lebih pasif dan tidak mau memakan lumut. Seperti biasa, sistem filtrasi yang baik merupakan suatu keharusan.

Cara Perawatan

Ketika dewasa, Gyrinocheilidae aymonieri akan menjadi cukup agresif sehingga ada risiko mereka akan menyerang ikan lain di aquarium yang sama. Pastikan pula terdapat stok lumut yang cukup di dalam aquarium sebagai sumber makanan mereka. Gyrinocheililus aymonieri akan lebih sering terlihat menempel di dedaunan atau di batu, mengisap-isap lumut coklat atau hijau Jika persediaan lumut di dalam aquarium menipis, maka Anda bisa memberikan tambahan lumut dalam bentuk algae wafer ataupun cacing halus sebagai pakan pengganti. Ikan ini termasuk omnivora, biasa banyak yang memberi makan hanya lumut saja. Ini membuat pertumbuhannya akan tergolong kerdil apabila sama sekali tidak diberi protein hewani. Hewan ini pun membutuhkan pasokan oksigen yang tinggi agar tetap sehat.

Bersihkan kapas filter secara teratur karena kapas filter yang terlalu kotor dapat menyebabkan sistem filtrasi tidak berjalan dengan sempurna. Bila memungkinkan, cek parameter air secara periodik untuk mengetahui apakah kondisi airnya masih cocok bagi ikan ini.

Galeri Foto

Sumber: FishBase, Animal-World.com, LiveAquaria.com, Wikipedia

Share
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply


Fatal error: Cannot redeclare get_leaf_dirs() (previously declared in /home/porink/public_html/bloggy/wp-content/themes/Lazarin/footer.php:20) in /home/porink/public_html/bloggy/wp-content/themes/Lazarin/footer.php on line 24